-->

Gratis Ongkir

Soal dan Pembahasan Matematika Kelas 7 SMP Materi: Membandingkan Bilangan Bulat

Hai, selamat buat kamu yang baru saja masuk di kelas 7 SMP. Di tingkat ini, kita akan mempelajari hal-hal mendasar dalam pelajaran matematika. Jika kamu mengerti dan mampu menguasai semua materi matematika yang diajarkan di kelas ini, dapat dipastikan kamu akan semakin mudah mempelajari materi matematika di tingkat selanjutnya.

Nan, kali ini, kita masuk pada materi pertama yaitu tentang membandingkan bilangan bulat. Kamu tentunya sudah belajar di SD bukan?

Tapi, apakah kamu masih ingat sepenuhnya konsep tentang bilangan bulat? Jika tidak, melalui soal-soal dibawah ini mari kita bahas dan ingat kembali tentang materi bilangan, khususnya sub materi membandingkan bilangan bulat.

Soal 1                        
Diketahui bilangan bulat positif X dan bilangan bulat positif Y. bilangan X tersusun atas 5 angka, sedangkan bilangan Y tersusun atas 6 angka. Manakah bilangan yang lebih besar?

Pembahasan:                
Soal ini terolong sangat mudah. Tanpa menulis, kamu dapat dengan mudah menjawab soal diatas. namun, karena kamu menggunakan kurikulum 2013, kamu harus mampu menjelaskan cara kamu menemukan jawaban dari suatu soal.

Bilangan X tersusun atas 5 buah angka.
Artinya: angka terdepan dari blangan X tersebut menempati posisi puluhan ribu. Maka, bilangan X merupakan angka puluhan ribu.

Sedangkan bilangan Y terdiri atas  angka.
Artinya: angka terdepan dari bialngan Y tersebut menempati posisi ratusan ribu. Maka, dapat kita simpulkan bahwa bilangan Y adalah bilangan ratusan ribu.

Ratusan ribu > puluhan ribu = Y > X

Jadi, bilangan Y > dibandingkan X

Soal 2                              
Diketahui dua buah bilangan P dan Q. kedua bilangan tersebut sama-sama tersusun atas 4 angka. Bagaimana cara kita untuk menentukan bilangan mana yang lebih besar?

Pembahasan:                   
P dan Q sama-sama tersusun atas  buah angka. Artinya, kedua bilangan tersebut bernilai ribuan.

Untuk menentukan mana bilangan yang lebih besar, maka kita bandingkan angka terdepan {posisi ribuah} dari setiap bilangan tersebut. Jika angka ribuan P lebih besar, maka bilangan otomatis bilangan P akan lebih besar dibandingkan Q.

Contoh:
P = 2.000
Q = 1.000
Karena angka pada posisi ribuan bilangan P {2} lebih besar dibandingkan Q {1}, maka bilangan P > Q

Jika angka ribuan kedua bilangan sama, maka kita cek angka pada posisi ratusan. Jika angka ratusan P lebih besar dibandingkan Q, maka bilangan P > Q.

Contoh:
P = 5.600
Q = 5.420
Angka ribuan P dan Q sama-sama 5. Untuk mengecek bilangan mana yang lebih besar, kita bandingkan angka yang menempati posisi ratusan. Ternyata, angka ratusan P {6} lebih besar dibandingkan Q {4}, maka bilangan P > Q.

Begitu seterusnya, hingga kamu menemukan bilangan mana yang lebih besar.

Catatan:
1. Dua buah soal diatas adalah tentang bilangan bulat positif. Kamu tentu ingat, semakin kekanan letak suatu bilangan bulat positif, maka nilainya akan semakin besar/bilangan itu akan semakin besar.
2. Semakin banyak angka penyusun suatu bilangan bulat positif, maka nilai bilangan tersebut akan semakin besar.

Soal 3                            
Diketahui dua buah bilangan bulat negatif M dan N. Bilangan M terdiri dari 2 angka, sedangkan bilangan N terdiri dari 4 angka. Menurut kamu, bilangan mana yang lebih besar?

Pembahasan:                   
Pada bilangan bulat negatif:
1. Semakin kekiri letak bilangan, maka semakin kecil nilai bilangannya. -1.000 lebih kecil dibandingkan -1.
2. Semakin banyak angka penyusun bialngan bulat negatifnya, maka nilainya akan semakin kecil.

Berdasarkan konsep diatas, kita bisa menjawab soal diatas.

Bilangan M dan N adalah bilangan bulat negatif.
Bilangan M terdiri dari 2 angka dan bilangan N terdiri dari 4 angka. Berdasarkan potin nomor 2, semakin banyak jumlah angka penyusun suatu bilangan bulat negatif, maka nilainya akan asemkain kecil.

Artinya:
M > N

Soal 4                                     
Diketahui tiga buah bilangan yaitu A, B dan C sebagai berikut:
Bilangan A = 245abc
Bilangan B = 45bcde
Bilangan C = 8abcd
Jika setiap huruf pada bilangan diatas mewakili sebuah angka, maka urutan bilangan tersebut mulai dari yang terkecil adalah?

Pembahasan:                      
Langkah pertama untuk mengurutkan bilangan diatas adalah hitung jumlah angka penyusun masing-masing bilangan. Seperti yang kamu ketahui, semakin banyak angka penyusun suatu bilangan, maka semakin besar nilai bilangan itu.

Bilangan A = 245abc = 6 buah angka
Bilangan B = 45bcde = 6 buah angka
Bilangan C = 8abcd = 5 buah angka

Dari data diatas dapat kita ketahui bahwa bilangan yang paling kecil adalah bilangan C karena jumlah angka penusunnya lebih sedikit dibandingkan yang lain.

Untuk bilangan A dan B, karena jumlah angka penyusun bilangannya sama, maka untuk mengetahui bilangan mana yang paling besar, bandingkan angka paling depan dari bilangan tersebut.

Angka depan bilangan A = 2
Angka depan bialngan B = 4

Karena 4 > 2, maka bilangan B lebih besar dibandingkan A.

Jadi urutannya dari yang terkecil adalah: C,A, B.

Soal 5                               
Diketahui dua buah bilangan bulat positif R dan S.
Bilangan R = abcdefgh8
Bilangan S = abcdefg52
Jika setiap huruf dalam biangan diatas mewakili satu buah angka, maka, mana yang paling besar?

Pembahasan:                  
Bilangan R hanya angka bagian ujungnya saja yang diketahui yaitu 8, sedangkan bilangan S, ada dua angka paling ujung yang diketahui yaitu 5 dan 2. Untuk kedua bilangan diatas terdapat 7 buah angka penyusun yang sama yaitu a, b, c, d, e, f dan g.

Untuk mencari bilangan mana yang lebih besar, bandingkan angka ke  penyusun kedua bilangan tersebut.

Angka ke 8 bilangan R = h
Angka ke 8 bilangan S = 5

Jika h < 5, maka bilangan R lebih kecil dibandingkan S
Jika h > 5, maka bilangan R lebih besar dibandingkan S
Jika h = 5, maka untuk menentukan bilangan yang paling besar, kita cek angka paling ujung. Angka ujung bilangan R adalah 8, sedangkan angka ujung bilangan S adalah 2.
Karena 8>2, maka bilangan R > S.

Oke, sekian dulu pelajaran kita mengenai membandingkan bilangan bulat. Semoga dengan mempelajari soal dan pembahasan diatas, kamu jadis emkain mahir dengan matematika, terutama materi bilangan. Sampai jumpa lagi nanti di artikel selanjutnya, OK.


Add Your Comments

Disqus Comments